Iklan

Tinggal Sendiri Di Kapal Bagan, Ateng Diduga Jatuh Kelaut

REDAKSI
10/20/20, 11:58 WIB Last Updated 2020-10-20T06:57:14Z

 

Ilustrasi

NOA | Abdya - Seorang nelayan diduga hilang dan jatuh ke laut saat menutuskan tinggal sendiri Kapal Bagan (Bagan Apung) di seputaran laut Desa Tangan-Tangan Cut, Kecamatan Setia, perairan laut Aceh Barat Daya. 


Berdasarkan informasi dari Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, Selasa (20/10/2020) menyebutkan, pihaknya mendapatkan laporan yang bahwa pada hari Minggu, 18 Oktober 2020, sekira pukul 17.00 wib korban berangkat melaut dengan bot langsir Kapan Bagan KM Mariatun 01 beserta anak buah kapal lainnya.


"Kemudian ke esokan harinya, Senin 19 Oktober 2020 sekira pukul 07.00 wib pawang bot mengajak atau memerintahkan semua anak buah kapal bagan untuk pulang ke darat, namun korban tidak mau pulang ke darat dengan kehendak sendiri, selanjutnya pawang beserta anggota bot lainnya berangkat pulang ke darat, dan korban tinggal sendiri dibagan Mariatun 01," sebut Amiruddin.


Selanjutnya, lanjut Amiruddin, pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020, sekira pukul 17.30 wib bot Kapal Bagan Mariatun 01 kembali berangkat dari pelabuhan Susoh untuk menuju ke Kapal Bagan Mariatun 01 yang posisi Kapal Bagan tersebut diatas Desa Tangan-Tangan Cut, perairan laut Abdya.


"Menurut laporan, sekira pukul 18.00 wib, setelah bot sampai di Kapal Bagan tersebut pawang dan ABK lainnya tidak melihat korban di Bagan. Selanjutnya pawang dan ABK Bagan naik dan memeriksa keberadaan korban, namun tidak menemukan korban," terang Amiruddin.


Saat pencarian di atas Kapal Badan itu, lanjut Amiruddin, pawang bersama ABK lainnya hanya menemukan pakaian korban yang belum dipakai, dan alat pancing korban yang sudah tercecer benangnya. "Pawang Kapal Bagan itu  juga melihat tali jangkar bagan Mariatun 01 sudah dalam keadaan berantakan atau terurai dari tempatnya," katanya.


Setelah melihat kejadian tersebut, sambung Amiruddin, pawang atas nama Zainal Arifin langsung menghubungi Panglima Laut Teupin Kecamatan Setia, Syarifudin via telpon, yang kemudian langsung melaporkan kejadian tersebut ke piket Sat Polair Polres Abdya.


Pada kesempatan itu, Amirudin juga menyebutkan, adapun korban yang diduga hilang tersebut atas nama Sayuti alias Ateng, 35 tahun, nelayan warga Desa Kuta Murni, Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya yang sehari-hari bekerja di Kapal Badan Mariatun 01 yang dipawangi (nahkoda) Zainal Arifin warga Desa Pisang kecamatan yang sama. "Saat ini, kita bersama tim SAR Gabungan sedang melakukan pencarian," singkatnya.(RED)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tinggal Sendiri Di Kapal Bagan, Ateng Diduga Jatuh Kelaut

Terkini