Iklan

Kadinkes Aceh Selatan Belum Definitif, Begini Permintaan YARA Perwakilan Aceh Selatan

REDAKSI
1/27/21, 14:45 WIB Last Updated 2021-01-27T07:45:47Z
Miswar SH Ketua YARA Aceh Selatan


NOA | Tapaktuan - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Selatan meminta Bupati Tgk Amran untuk melantik Kepala Dinas Kesehatan definitif sesuai dengan hasil fit and proper tes yang sudah dinyatakan lulus seleksi.


Hasil fit dan proper tes untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dengan nomor 08/PANSEL/XI/2019 tertanggal 29 November 2019 lalu.


"Dalam pengumuman kelulusan tersebut ada tiga calon kepala dinas kesehatan yang dinyatakan lulus seleksi, yaitu Ilham Saputra, Irnalita dan Halizan Ismial. Jadi, pengumuman kelulusan ini sudah setahun diumumkan," kata Ketua YARA Aceh Selatan, Miswar, SH. Rabu (27/1/2021).


Tetapi, lanjutnya, Bupati Aceh selatan tidak melantik Kadis Kesehatan dari tiga nama yang dinyatakan lulus seleksi itu. "Seharusnya bupati harus menjalankan produk yang sudah dubuatnya sendiri, apalagi seleksi kadis kesehatan sudah ada persetujuan KASN," ungkap Miswar.


Untuk mengisi kekosongan jabatan Kadis Kesehatan, tambah Miswar, jabatan tersebut diisi oleh pelaksana tugas (Plt), Novi Rosmira. "Ini menyangkut etika pemerintah, seharusnya bupati segera mengajukan penetapan jabatan definitif Kadis Kesehatan," tegasnya.


Dengan dibiarkan jabatan Kadis Kesehatan diisi oleh Plt terus-terusan, Miswar kawatir tidak maksimalnya pelayanan publik. "Seharusnya dengan masa pendemi saat ini, Kadis Kesehatan menjadi prioritas bagi pemerintah sebagai corong utama dalam mencegah pendemi Covid-19," katanya.


Miswar menyebutkan pihaknya akan menyurati Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama Pemerintah Aceh Selatan untuk mempertanyakan alasan bupati tidak melantik Kadis Kesehatan definitif.


"Dalam waktu dekat, kita juga akan menyurati Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melaporkan Bupati Aceh Selatan, dan juga meminta KASN untuk memerintahkan Bupati Aceh Seltan melantik Kadis Kesehatan definifif," pungkas Miswar.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadinkes Aceh Selatan Belum Definitif, Begini Permintaan YARA Perwakilan Aceh Selatan

Terkini

Adsense