Iklan

Bina Kerukunan Umat Beragama, Dandim: Agar Kita Memahami Arti Toleransi

REDAKSI
8/19/21, 15:49 WIB Last Updated 2021-08-19T08:59:13Z

 

Komandan Kodim 0107 Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf. S.I.Kom memimpin langsung kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama


NOA | ACEH SELATAN - Dalam rangka mempererat kerukunan antar umat beragama, Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama Triwulan III Tahun 2021 di Aula Makodim setempat, Kamis (19/8/2021).



Kegiatan di Aula Makodim itu mengambil tema "Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi menjaga konflik antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan" tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0107 Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf. S.I.Kom.




Dalam arahannya, Dandim M. Yusuf mengatakan setiap satuan jajaran TNI AD dalam situasi dan kondisi apapun harus melaksanakan Binter, guna mendukung tugas pokoknya terutama dalam penyiapan Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh guna penyelenggaraan sistem pertahanan semesta.



"Hal ini untuk memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta," kata Dandim.



Melalui kegiatan ini, lanjutnya, agar dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama tanpa memandang suku, ras maupun agama di wilayah Kodim 0107 Aceh Selatan.



"Sasaran kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan," tegas Dandim.



Lebih lanjut, Dandim menegaskan, hal tersebut juga bertujuan agar semua memahami tentang arti toleransi umat beragama, sesuai dengan undang-undang dasar negara Republik Indonesia 1945 bab XI ayat 1 dan 2.



"Dimasa sekarang ini sudah sering terjadi konflik sosial antar umat beragama yang ada di masyarakat, baik konflik tentang penistaan agama dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh oknum pemeluk agama tersebut," sambung Dandim.



Maka, tegasnya, seluruh komponen bangsa perlu senantiasa waspada terhadap upaya dari sekelompok orang yang ingin berusaha mengganggu solidaritas kerukunan antar umat beragama yang dapat berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.



"Untuk itu TNI AD telah menyusun program pembinaan kerukunan umat beragama untuk dilaksanakan di seluruh jajaran, termasuk di jajaran Korem 012/Teuku Umar sampai dengan tingkat Kodim sebagai wujud pembinaan dengan sasaran seluruh komponen masyarakat yang berada di wilayah masing-masing," terang Dandim.



Pada kesempatan itu, Dandim juga me doakan semoga semua selalu di berikan keberkahan dan hidayah oleh Yang Maha Kuasa Allah SWT serta di lindungi dari perpecahan antar sesama demi terus terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.



Adapun yang hadir di acara tersebut tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat dalam kabupaten Aceh Selatan, para Perwira staf Kodim, Ketua Persit Candra Kirana Cabang XXIX Kodim 0107 Aceh Selatan Nyonya Diah M. Yusuf beserta pengurus, serta perwakilan dari Babinsa jajaran. (RED)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bina Kerukunan Umat Beragama, Dandim: Agar Kita Memahami Arti Toleransi

Terkini

Adsense