Iklan

Gampong Kedai Padang Terancam Tenggelam Ditelan Abrasi Sungai

REDAKSI
8/21/21, 14:34 WIB Last Updated 2021-08-21T07:35:42Z

NOA | Aceh Selatan - Pemukiman penduduk di Gampong Kedai Padang, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan terancam tenggelam ditelan abrasi Sungai Kluet.
 

Karena, hingga saat ini abrasi sungai makin meluas. Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan Gampong Kedai Padang bakal jadi aliran sungai.


"Hal tersebut tentunya kita sangat mengharapkan kepada Pemerintah Aceh agar segera memperhatikan keresahan masyarakat di Gampong Kedai Padang. Karena sudah belasan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal," Sebut Direktur Eksekutif Yayasan Gampong Hutan Lestari (YGHL) Sarbunis, kepada wartawan di Tapaktuan, Sabtu (21/08/2021).


Menurut Anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Aceh (TPKSDA)-Baroe Kluet itu, abrasi Sungai Kluet di Gampong Kedai Padang tersebut dipicu aktivitas galian C di hulu sungai. 


"Disinyalir kebutuhan galian C untuk proyek multi year peningkatan jalan Trumon - Singkil tersebut mencapai jutaan kubik," ungkap Sarbunis yang juga Anggota Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh itu. 


Oleh sebab itu, sambungnya, dinas terkait di Provinsi Aceh agar segera meninjau ulang titik koordinat galian C di Sungai Kluet. Sehingga aktivitas galian C di hulu sungai itu tidak berdampak bagi pemukiman penduduk.


"Kita juga menghimbau kepada pemegang izin galian C di Sungai Kluet agar tidak melakukan aktivitas di luar titik koordinat," tegas Sarbunis. (RED)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gampong Kedai Padang Terancam Tenggelam Ditelan Abrasi Sungai

Terkini