Iklan

Wakapolda Aceh Terima Kunjungan Direktur INL-US Ambassy

REDAKSI
2/17/23, 22:09 WIB Last Updated 2023-02-17T15:09:48Z
Banda Aceh - Wakapolda Aceh Brigjen Syamsul Bahri menerima kunjungan Direktur International Narcotics and law Enforcement Affairs (INL)-US Ambassy di Ruang Kerjanya, Jumat, 17 Februari 2023.

Brigjen Syamsul mengatakan, pihak INL-US Ambassy telah tiba di Indonesia pada Juli 2022 dan ingin mempelajari permasalahan khususnya terkait kejahatan narkotika dan perdagangan satwa secara liar.

Tugas kerja khusus mereka adalah memantau dan mencegah peredaran narkoba dan penjualan satwa secara liar. Beberapa instansi dan masyarakat sudah ada yang mengikuti pelatihan dan 
sosialisasi bersama INL-US Ambassy.

Jika terdapat permasalah terkait narkotika dan perdagangan satwa secara liar nantinya Polda Aceh akan berkoordinasi dengan pihak INL-US Ambassy dan akan dibantu sebaik mungkin.

Bulan depan, kata Syamsul, diprediksi akan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bila itu terjadi, maka ekosistem satwa yang berada di hutan akan terganggu.

"Dalam hal menjaga kelestarian satwa, Polri juga ikut mengantisipasi terjadinya 
karhutla. Selain itu juga mewaspadai terjadinya penembakan dan penjualan satwa secara liar," ujarnya.

Ia juga mengatakan, banyak dari masyarakat yang melakukan penembakan secara liar terhadap orang utan dan babi di Aceh, sehingga hal itu mengganggu habitat hewan dan membuat satwa seperti harimau dan gajah turun ke pemukiman 
masyarakat untuk mencari makan.

"Penembakan dan penjualan satwa secara liar maaih terjadi di Aceh. Oleh karena itu, ke depan setiap kejahatan terhadap satwa akan kita koordinasikan dengan INL-US Ambassy," demikian, katanya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wakapolda Aceh Terima Kunjungan Direktur INL-US Ambassy

Terkini

Adsense