Adsense

Iklan

Dampak Banjir dan Longsor di Gayo Lues Aceh, Banyak Jalan Ambles

Admin
4/18/22, 08:56 WIB Last Updated 2022-04-18T01:56:07Z


Gayo Lues - Banjir disertai tanah longsor melanda Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Beberapa titik badan jalan ambles dan mengakibatkan akses lalu lintas terputus.


Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, banjir dan longsor itu terjadi bersamaan dengan hujan dengan intensitas tinggi melanda kabupaten tersebut, Minggu (17/4).


"Ada dua kecamatan yang terdampak, yakni Kecamatan Blangkejeren dan Putri Betung," kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, Senin (18/4).


Dia menyebut, di Kecamatan Blangkejeren banjir dan longsor menimpa dua desa yaitu Desa Agusen dan Badak. Jalan menuju Desa Agusen tertimbun longsor. Selain itu terjadi penurunan sebagian badan jalan di desa tersebut. Di Desa Badak, beberapa rumah warga terendam banjir dan badan jalan ambles.


Sementara di Kecamatan Putri Betung, tanah longsor melanda Desa Singah Mulo. Badan jalan di desa tersebut ikut ambles dan menumbangkan tiang listrik.


Ilyas mengatakan, petugas BPBD Gayo Lues sudah mengevakuasi warga terdampak dan melakukan pembersihan jalan tertimbun tanah longsor. Namun badan jalan yang ambles sejauh ini belum dilakukan penanganan.


"Akses jalan masih putus. Kondisi terkini di wilayah Gayo Lues hujan sudah reda," ujarnya.


Aceh menjadi salah satu provinsi dalam prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, Minggu kemarin.


Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Kepulauan Riau dan Laut Arafura selatan Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga Kepulauan Riau dan di Laut Arafura.


Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan dan Tenggara, di Maluku, di Papua Barat, dan di Papua.


Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dampak Banjir dan Longsor di Gayo Lues Aceh, Banyak Jalan Ambles

Terkini

Adsense