Adsense

Iklan

BPBA Siapkan Rancangan Pergub Tentang Rehabilitasi Pasca Bencana

REDAKSI
9/20/22, 18:38 WIB Last Updated 2022-09-22T01:39:57Z
Banda Aceh - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh tentang rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBA, Dr Ir Ilyas MP, dalam keterangannya di Banda Aceh, Selasa (20/09/2022).

“Pergub Aceh tentang rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana itu salah satu muatannya, mengatur tentang bantuan keuangan kepada kabupaten/kota sebagai pengusul kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana masif maupun sektoral,” kata Ilyas.

Dalam kesempatan itu, Ilyas menyampaikan bahwa Penjabat Gubernur Aceh selama ini sangat mendukung pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk mempercepat pembangunan kembali infrastuktur maupun fasilitas lainnya di Aceh, yang rusak akibat bencana.

Bentuk dukungan tersebut, jelasnya, berupa memberikan rekomendasi setiap adanya usulan proposal rehabilitasi dan rekonstruksi yang disampaikan BPBD Kabupaten/Kota melalui BPBA, untuk selanjutnya diusulkan ke BNPB.

BPBA sendiri, kata Ilyas, saat ini juga fokus pada peningkatan kapasitas bagi BPBD se-Aceh, terutama dalam hal menyiapkan dokumen perencanaan pengadaan barang dan jasa/ lelang melalui penyedia.

Selain itu, juga tugas dan fungsi pasca pemilihan penyedia sebelum tandatangan kontrak sehingga tidak lagi sering terjadi keterlambatan dalam penetapan pemenang tender/lelang pada kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi. 

“Untuk meminimalisir kelemahan tersebut, maka mereka dibekali melalui Workshop Penguatan Pelaksanaan Fisik Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang berlangsung beberapa waktu lalu,” kata Ilyas.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBA Siapkan Rancangan Pergub Tentang Rehabilitasi Pasca Bencana

Terkini

Adsense