Iklan

Mendagri Izinkan Pj Kepala Daerah Pecat hingga Mutasi Pegawai

REDAKSI
9/17/22, 00:34 WIB Last Updated 2022-09-16T17:34:12Z
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 821/5292/SJ. Melalui surat edaran itu, Tito mengizinkan Pelaksana Tugas (Plt), Penjabat (Pj), maupun Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Daerah memberhentikan hingga memutasi pegawai tanpa izin dari Kemendagri.


Surat Edaran (SE) yang diteken oleh Mendagri Tito Karnavian pada 14 September 2022 itu ditujukan kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota di seluruh Indonesia. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irwan membenarkan Surat Edaran tersebut.

"Ya, benar," kata Benny saat dimintai konfirmasi, Jumat (16/09/2022).

Izin itu tertuang dalam poin nomor 4 Surat Edaran. Dalam poin itu, dijelaskan bahwa Mendagri memberikan persetujuan tertulis kepada Plt, Pj, dan Pjs Gubernur atau Bupati atau Wali Kota untuk memberhentikan, memberikan sanksi, hingga memutasi pegawai.

Berikut ini bunyi poin 4 Surat Edaran (SE) tersebut:

4. Berkenaan dengan ketentuan tersebut di atas, dengan ini Menteri Dalam Negeri memberikan persetujuan tertulis kepada Pelaksana Tugas (Plt), Penjabat (Pj), dan Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur/Bupati/Wali Kota untuk melakukan:

a. Pemberhentian, pemberhentian sementara, penjatuhan sanksi dan atau tindakan hukum lainnya kepada pejabat/aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota yang melakukan pelanggaran disiplin dan atau tindak lanjut proses hukum sesuai peraturan perundang-undangan.

b. Persetujuan mutasi antar daerah dan atau antar instansi pemerintahan sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian, tidak perlu lagi mengajukan permohonan persetujuan tertulis sebagaimana ketentuan dimaksud.

Kendati begitu, Plt, Pj dan Pjs harus melaporkan hal tersebut ke Mendagri paling lambat tujuh hari kerja terhitung sejak dilakukannya tindakan kepegawaian tersebut. Dikonfirmasi terpisah, Benny menjelaskan SE ini diterbitkan dalam rangka efisiensi serta efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Kalau minta izin lagi, itu kan akan memakan waktu yang lama," jelasnya.

Dengan demikian, tidak perlu lagi mengajukan permohonan persetujuan tertulis sebagaimana ketentuan dimaksud.

Kendati begitu, khusus untuk pelantikan Pejabat Tinggi Pratama dan Madya tetap perlu mengantongi izin tertulis Mendagri.

"Kalau yang berkaitan dengan Pejabat di internal mereka, apakah itu Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, itu mereka tetap harus minta izin tertulis. Pj-pj harus minta izin tertulis kepada Menteri. Kalau nggak dapat izin tertulis, nggak bisa," ujarnya.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mendagri Izinkan Pj Kepala Daerah Pecat hingga Mutasi Pegawai

Terkini

Adsense