Adsense

Iklan

Sekda Tegaskan PORA Tetap Dilangsungkan Akhir Tahun di Pidie

REDAKSI
9/21/22, 06:39 WIB Last Updated 2022-09-20T23:39:26Z
Banda Aceh - Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami Hamzah, menegaskan pemerintah Aceh tetap berkomitmen penyelenggaraan Pekan Olahraga (PORA) Aceh tetap akan dilangsungkan akhir tahun ini di Kabupaten Pidie.

“Saya berharap semua bisa dipertandingkan di sana. Kalau pun tidak, beberapa cabang olahraga bisa dipertandingkan di Aceh Besar atau di Banda Aceh,” kata Bustami saat membahas bersama tentang kesiapan penyelenggaraan PORA bersama unsur pemerintahan Kabupaten Pidie serta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan KONI Aceh, di Ruang Rapat Sekda, Selasa 20 September 2022.

Bustami mengatakan kalaulah menunda pelaksanaan PORA seperti permintaan pihak Pemkab Pidie, indikasinya besar. “Terutama bagi 22 kabupaten kota yang telah menganggarkan anggaran. Tidak mungkin lagi tahun depan karena proses penganggaran sudah berjalan. Laporan yang saya terima anggarannya juga sudah diajukan ke DPRK,” kata dia.

Bustami menyebutkan jika Pelaksanaan PORA Pidie ditunda ada risiko besar di mana banyak daerah yang tidak mengikutsertakan atletnya dalam kegiatan olahraga empat tahunan itu. “Saya pikir Aceh Besar siap membantu Pidie, di mana yang tidak tertampung di sana bisa dilakukan di Aceh Besar,” ujar Bustami.

Bahkan Sekretaris Umum KONI Aceh, M. Nasir Syamaun, menyebutkan jika event PORA dijadikan sebagai rujukan untuk menuju pelaksanaan PON 2024, maka dikhawatirkan pelaksanaan PON juga akan tertunda. Jika saat ini permasalahan penuntasan pembangunan venue, maka Pemkab Pidie harus menggenjot proses pembangunan. “Kalau perlu buat tim percepatan dan kami siap mendukung,” kata dia.

Dari hasil tinjauan pihak KONI, Nasir mengatakan pihaknya merumuskan jika beberapa pertandingan bisa dipertandingkan di lapangan yang telah selesai dibangun. Cuma beberapa cabang olahraga saja yang pelaksanaannya harus digeser ke Kabupaten Aceh Besar, seperti menembak, sepatu roda dan renang.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengatakan Pemkab Aceh Besar siap menyukseskan PORA. “Apa yang bisa kita bantu kita siap. Jika ada arena di Jantho yang bisa dipakai untuk kesuksesan acara ini,” ujar Iswanto.

Sebelum itu, Pj Bupati Pidie, Wahyudi, menyebutkan jika pihaknya mengajukan pengunduran pelaksanaan PORA karena ada beberapa venue yang pembangunannya belum tuntas. Namun sesuai arahan Pj Gubernur, PORA harus tetap dilaksanakan akhir tahun ini. “Tadi pagi pak Gubernur sampaikan harus diselenggarakan tahun ini. Venue bisa di mana saja kata beliau. Tapi saya harap venue yang sudah ada di Pidie bisa dituntaskan,” kata Wahyudi.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekda Tegaskan PORA Tetap Dilangsungkan Akhir Tahun di Pidie

Terkini

Adsense