Iklan

Pasca Terbakar Tahun 2021, Pimpinan MUQ Pidie Harapkan Perbaikan Rusun ke BP2P Sumatera 1

REDAKSI
3/10/23, 17:06 WIB Last Updated 2023-05-06T10:07:29Z
Banda Aceh - Pasca terbakarnya Rusun pada Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Kabupaten Pidie yang terjadi pada Juli 2021 lalu, pimpinan MUQ sambangi Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera 1 Kementerian PUPR di Banda Aceh, Kamis (09/03/2023).

Pimpinan MUQ Pidie, Drs. H. Malek Kasem (Tengku Kasem), mengungkapkan harapannya untuk perbaikan bangunan rusun bantuan dari Kementerian PUPR tersebut, karena pihak pengelola Madrasah sangat terbantu dengan adanya bangunan tersebut.

“Saya berharap, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan dapat memfasilitasi perbaikan kerusakan akibat kebakaran rusun beberapa tahun lalu” ujar Tengku Kasem.

Menurut Tengku Kasem, sebelum terjadinya kebakaran pada bangunan rusun dan merusak fasilitas di lantai tiga, pihak pengelola rusun menempatkan 15 sampai 20 orang santri perkamar dan tergantung dari luas kamar yang ada.

“Saat ini seluruh santri hanya dapat memanfaatkan lantai satu dan lantai dua saja, mereka harus rela berdesak-desakan karena bangunan yang dapat ditempati hanya pada lantai tersebut,” ujar Tengku Kasem.

Para santri juga berasal dari keluarga yang tergolong pas-pasan, dengan kategori pendapatan menengah ke bawah, sehingga pihak pengelola MUQ Pidie merasa enggan mengutip biaya yang terlalu tinggi bagi santrinya.

Keinginan masyarakat Pidie yang menyekolahkan anaknya dan belajar agama sangat tinggi, dan saat ini ada 478 orang santri yang menimba ilmu di MUQ Pidie terdiri santri putra dan putri.

Dalam keterangannya, Kepala BP2P Sumatera I, Teuku Faisal Riza mengatakan akan berusaha sebaik mungkin untuk perbaikan seperti yang diharapkan oleh Tengku Kasem selaku pimpinan Pimpinan MUQ Pidie.

“Kita terus berupaya untuk peningkatan SDM yang ada, Kami ingin para santri bisa secepatnya menempati rusun. Mereka bisa belajar tinggal dan fokus menuntut ilmu sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang diambil,” ujar T Faisal.

MUQ Pidie dibentuk dan didirikan berdasarkan surat keputusan Bupati Pidie nomor 636 tahun 2006 tertanggal 16 Agustus 2006 dan diresmikan oleh Bupati Pidie Ir. H. Abdullah Yahya, MS pada 15 November 2006 di lokasi Balai Pengajian Al-Amin Tijue Kecamatan Pidie.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pasca Terbakar Tahun 2021, Pimpinan MUQ Pidie Harapkan Perbaikan Rusun ke BP2P Sumatera 1

Terkini

Adsense