Iklan

Jalan Tol Sibanceh Seksi 5 - 6 Blang Bintang - Baitussalam Resmi Dioperasikan, Sementara Gratis

REDAKSI
6/23/23, 13:52 WIB Last Updated 2023-06-23T16:56:16Z
Banda Aceh - Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 (Blang Bintang-Baitussalam) sepanjang 12,7 KM resmi dioperasikan tanpa tarif pada Kamis, 22 Juni 2023. 

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, pengoperasian tol Sibanceh seksi 5-6 dilakukan menyusul telah dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 14 April 2023.

Kemudian telah ada Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6.

"Kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Kepmen tersebut, dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli,” kata Tjahjo, Rabu, 21 Juni 2023.

Sebelum resmi dioperasikan, kata Tjahjo, Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada tanggal 6-7 Februari 2023 yang meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi serta telah memberikan pelatihan kepada petugas terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasiannya.

"Jalan tol ini telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 10 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan. Nantinya Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) ini akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2-4 (Seulimeum-Blang Bintang) sepanjang 35,8 KM,” katanya.

 Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini masih belum dikenakan tarif atau belum berbayar selama masa sosialisasi berlangsung.

"Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas. Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas diantaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 100 KM/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan minimal 10-20 meter, dan memastikan kendaraan tidak melebihi muatan,” tuturnya.

Sementara itu, Branch Manager Ruas Tol Sibanceh, Totok Masyadi mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. 

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur cek saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE,” katanya. Totok mengingatkan pengguna jalan tol agar berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Segera beristirahat apabila merasa mengantuk serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol agar segera melapor ke call centre Tol Sigli-Banda Aceh di 0821-6434-6434,” pungkasnya.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jalan Tol Sibanceh Seksi 5 - 6 Blang Bintang - Baitussalam Resmi Dioperasikan, Sementara Gratis

Terkini

Adsense