Iklan

SBI Raih 10 Penghargaan TOP CSR Award 2023

REDAKSI
6/10/23, 01:48 WIB Last Updated 2023-06-09T18:48:21Z
Jakarta - Komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) terhadap operasional yang bertanggung jawab dan penerapan prinsip keberlanjutan kembali mendapat pengakuan. 
 
Majalah Top Business memberikan penghargaan kepada SBI atas capaiannya dalam peningkatan kualitas program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dan juga komitmen pimpinan dalam pelaksanaan CSR.
 
Sebagaimana diketahui, SBI menerima sepuluh penghargaan dalam gelaran penghargaan yang dilaksanakan di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta. 
 
Perusahaan menerima penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment yakni:

Pertama, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang diterima oleh Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo.
 
Kedua, Pabrik Cilacap yang diterima oleh Direktur Human Capital, Legal & Corporate Affairs SBI, Ony Suprihartono.
 
Ketiga, Pabrik Lhoknga (dioperasikan oleh anak usaha PT Solusi Bangun Andalas) yang diterima oleh Direktur Manufacturing SBI, Soni Asrul Sani.
 
Keempat, Pabrik Narogong yang diterima oleh General Manager Pabrik Narogong, Erwin Halomoan Purba.

Kelima, Pabrik Tuban yang diterima oleh General Affairs & Community Relations Manager Pabrik Tuban, Mochammad Yunani Rizzal.
 
Selain itu, SBI juga menerima dua penghargaan bintang tertinggi untuk capaian fungsi CSR yaitu Star 5 untuk pelaksanaan CSR di tingkat korporasi dan Pabrik Cilacap. 

Sedangkan Pabrik Narogong, Pabrik Tuban dan Pabrik Lhoknga memperoleh penghargaan Star 4 untuk pelaksanaan CSR di masing-masing area. 
 
Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo mengatakan pihaknya berkomitmen dalam melestarikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
 
“Kami berkomitmen mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan yang mempertimbangkan kelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat, untuk memberikan nilai dampak positif dalam setiap proses bisnis yang dijalankan ,"katanya. 
 
Lilik menjelaskan, hal ini menjadi competitive advantage SBI sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi bahan bangunan, terutama dalam upaya menuju green industry dan menghadirkan solusi-solusi berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan pembangunan. 

Komitmen Solusi Bangun Andalas pada Pemberdayaan Masyarakat
 
Tak hanya di bidang lingkungan, komitmen PT Solusi Bangun Andalas (SBA) dalam pembangunan berkelanjutan juga terwujud melalui berbagai program CSR untuk pemberdayaan masyarakat. Komitmen ini tertuang dalam Sustainability Road Map 2025 dan merupakan realisasi visi keberlanjutan SBA bersama dengan induk usahanya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yaitu #MasaDepanYangKitaMau.
 
Di PT Solusi Bangun Andalas (SBA), kegiatan pemberdayaan masyarakat diwujudkan melalui kehadiran program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya program Koperasi Syariah (Kopsyah) Solusi Bersama Lamlhom. 
 
Program ini lahir pada tahun 2019 saat Pemerintah Aceh mengeluarkan Peraturan Daerah terkait semua lembaga keuangan diharuskan berbasis syariah. SBA dan masyarakat bermusyawarah untuk membentuk sebuah lembaga keuangan seperti koperasi yang bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk simpanan dan pembiayaan dengan pola syariah dan program ini diharapkan dapat menghilangkan praktek rentenir di masyarakat. Program ini telah mendukung ratusan UMKM tumbuh dan berkembang. 

Setelah melihat keberhasilan Kospyah Solusi Bersama Lamlhom, program ini di adopsi juga di kemukiman Lampuuk dengan membentuk Kopsyah Samudera Makmur Lampuuk.
 
Inovasi sosial lainnya yaitu program peternakan telur burung puyuh, program pemberdayaan ekonomi ini telah mampu menciptakan lapangan kerja di sekitar perusahaan lalu produknya juga telah dipasarkan di swalayan terbesar di Provinsi Aceh.

Program unggulan lainnya adalah beasiswa Semen Andalas, beasiswa atau biaya pendidikan ini diberikan kepada 400 siswa/i setiap tahunnya dari tingkat SMP sederajat, SMA sederajat, Santriawan/i dari pesantren dan Mahasiswa/i. Serta program pencegahan stunting dengan memberikan paket makanan tambahan, melakukan kegiatan imunisasi, dan peningkatan kader kesehatan mengenai bagaimana cara pengolahan makanan sehat dan pemberian fasilitas layanan kesehatan, serta kegiatan yang berkaitan dengan inovasi sosial lainnya untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

Hal itu pun kembali ditegaskan dalam sambutan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro.

“Eco-Inovasi dan Inovasi Sosial merupakan strategi untuk menghasilkan ide-ide baru yang inovatif serta mampu menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan cara yang lebih efisien dan menjunjung tinggi kearifan lokal. Kami mengapresiasi para pemenang TOP CSR Awards yang telah menginspirasi untuk pembelajaran kita bersama,"katanya.

Ia menjelaskan, Program-program tersebut dan program-program unggulan lainnya telah membawa SBA meraih penghargaan Top Leader on CSR Commitment dan Top CSR Award 2023 #Star 4. SBA berkomitmen untuk menjalankan program CSR sesuai ISO 26000, SDGs dan prinsip CSV (Creating Shared Value) yang bertujuan untuk terus memberikan nilai tambah terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.
 
Bagian dari SIG, katanya, SBA memiliki kapasitas produksi 1.8 juta ton semen per tahun. Perusahaan mengoperasikan pabrik terintegrasi di Lhoknga, dan fasilitas pengemasan yang berlokasi di Lhoknga, Lhokseumawe, Belawan, Batam dan Dumai. 

Memasarkan produk semen dengan merek Semen Andalas, perusahaan berkomitmen mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa dengan inovasi dan solusi. Sebagai mitra terpercaya, perusahaan terus berupaya tumbuh bersama masyarakat melalui lima pilar CSR yaitu: SBA Cerdas, SBA Sehat, SBA Mandiri, SBA Lestari dan SBA Peduli.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SBI Raih 10 Penghargaan TOP CSR Award 2023

Terkini

Adsense