Iklan

Satdik Secaba Rindam IM Latihan Mountaineering Siswa Dikmaba TNI AD 2023

REDAKSI
11/22/23, 21:00 WIB Last Updated 2023-11-22T14:01:37Z
Aceh Besar - Sebagai prajurit TNI AD, setiap prajurit harus mempunyai keterampilan dan ketangkasan dalam melaksanakan tugas. Terlebih dalam tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dihadapkan dengan medan yang sulit. Oleh karena itu, Siswa Dikmaba TNI AD TA 2023 dibekali dengan berbagai keterampilan dan ketangkasan salah satunya melalui Mountaineering, Mata Ie, Aceh, Rabu (22/11/23).

Bertempat di  Lapangan Kawah Chandra Dimuka (Tower Sanggamara) Rindam IM, Siswa Dikmaba TNI AD TA 2023 melaksanakan kegiatan latihan Mountaineering. Mountenering ini merupakan suatu cara dan teknik untuk melewati medan-medan yang sulit dan berbahaya. Materi yang diajarkan dalam kegiatan mountaineering  kali ini adalah rappeling dan snapling.

Lettu Inf Sion Salomo H, selaku Koordinator materi mengatakan sebelum pelaksanakan kegiatan, tiap-tiap Siswa Dikmaba dicek kesehatannya dan juga di cek peralatannya,seperti tali jiwa perorangan oleh pelatih Jasmani Militer di tiap-tiap pos guna memastikan keamanan nya mengingat latihan ini mengandung resiko yang cukup tinggi.

Para siswa juga sebelum pelaksanaan kegiatan mountaineering, terlebih dahulu diajarkan untuk  cara menggunakan tali jiwa yaitu dengan menggunakan ikatan komando dan memasang figur eight dan carabiner.

Latihan dalam bidang jasmani militer ini, banyak menggunakan kemampuan fisik dan dalam setiap kegiatannya mengandung resiko. Latihan Mountaineering ini juga merupakan latihan kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan alam maupun buatan berupa naik turun tebing, bangunan, dan lembah dengan menggunakan alat peralatan, agar dalam pelaksanaan tugas pokok dapat berhasil. Dalam pelaksanaan latihan kita tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satdik Secaba Rindam IM Latihan Mountaineering Siswa Dikmaba TNI AD 2023

Terkini

Adsense