Iklan

Pangdam IM pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023

REDAKSI
12/15/23, 15:38 WIB Last Updated 2023-12-15T08:38:52Z

Banda Aceh - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh. Jum’at (15/12/23) pagi.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dibacakan oleh Pangdam IM, beliau mengajak para peserta Upacara untuk senantiasa memanjatkan Puji Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan Rahmat Nya,  kita  dapat  melaksanakan   Upacara  Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dalam keadaan sehat wal'afiat.

Kasad mengucapkan  "Selamat  Hari Juang TNI  AD  Ke - 78  Tahun  2023"   kepada  segenap prajurit  dan Pegawai  Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga,  teriring  ucapan terima  kasih  yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya  atas pengabdiannya  selama ini.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa Hari  Juang  TNI  AD  merupakan   momentum penting     untuk    mengenang     perjuangan     para pahlawan  yang telah rela mengorbankan  jiwa dan raganya demi mempertahankan  kemerdekaan  dan kedaulatan   bangsa  Indonesia.  Saat  itu, Jenderal Sudirman  dengan  keteguhan  dan  keberaniannya memimpin   pasukan  di Pertempuran   Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin  pasukan.

Kasad menambahkan bahwa Hari Juang  TNI AD kali ini mengusung  tema "TNI Bersama Rakyat  Bersatu Dengan Alam untuk NKRI". Tema ini memiliki makna yang  sangat  mendalam,  yaitu  bahwa  kita  harus terus   memperkuat   kemanunggalan TNI AD dan Rakyat, meningkatkan kemampuannya  dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Karena kemanunggalan TNI AD - Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan di era globalisasi  saat ini, dimana kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang   asimetris,   perubahan   iklim  dan  potensi konflik sosial.

Kasad juga mengajak untuk bersama-sama   wujudkan   cita-cita para  pahlawan,  yaitu  menjadikan  Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang Profesional, Responsif, Integratif,   Modern  dan  Adaptif  serta  selalu  siap sedia untuk membela keutuhan NKRI.

“Kita   akan   segera   memasuki   tahun   politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman  sebelumnya, situasi  di tahun  politik berpotensi  membuka  celah terjadinya   berbagai   ancaman   yang   disebabkan oleh    perbedaan-perbedaan     pandangan politik yang seringkali  disusupi  oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran”. imbuhnya. 

Mengakhiri amanatnya Kasad berpesan kepada seluruh Prajurit untuk meningkatkan  kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi  di  lingkungan   tugas  masing-masing,   dan selalu pegang teguh komitmen  Netralitas TNI.

Selesai upacara, Pangdam IM berserta para pejabat utama melanjutkan acara pengumuman pemenang lomba Karya Bhakti TNI AD Ta. 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, secara virtual yang diikuti oleh seluruh jajaran Kodam se-Angkatan Darat.

Hadir dalam Upacara tersebut Kasdam IM, Irdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM, serta para Prajurit dan PNS Kodam IM.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam IM pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023

Terkini

Adsense