Iklan

Cegah Aksi Kriminalitas DSI Aceh Imbau Masyarakat Lakukan Pageu Gampong

MohdS
1/31/24, 20:15 WIB Last Updated 2024-03-28T19:16:59Z

 



Banda Aceh - Tindak kriminalitas kian marak dilakukan kalangan remaja di Aceh. Aksi tawuran, pembegalan, perampokan, hingga pembunuhan melibatkan pelaku dari kalangan remaja, terjadi di sejumlah daerah di Bumi Serambi Mekkah. Fenomena yang membuat resah masyarakat tersebut kini menjadi perhatian Pemerintah Aceh.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Zahrol Fajri, S.Ag., MH, mengajak masyarakat untuk peduli dan mengawasi langsung anak muda atau remaja di lingkungannya.

"Gerak gerik mereka harus terus dipantau sehingga peluang terjadinya kejahatan pembegalan atau bentuk premanisme lainnya dapat dicegah sejak dini.
Segera laporkan ke aparat penegak hukum bila melihat ada potensi kriminalitas," pesan Zahrol.

Dikatakan, tindak kriminalitas yang dilakukan remaja itu harus diberikan hukuman yang dapat memberi efek jera (deterrent effect). Sehingga membuat calon pelaku lain menghentikan niatnya untuk melakukan kesalahan yang sama.

"Pada unit pemerintahan terbawah yaitu gampong juga dapat dilakukan suatu upaya pencegahan atau pengawasan bersama yaitu dengan menghidupkan sistem ‘pageu gampong’ (pagar kampung), di mana aparatur sebuah kampung tertentu dapat melakukan pengawasan dan penindakan awal di wilayah mereka masing-masing, tentunya sesuai aturan hukum yang berlaku,” urai

Kata Zahrol, begal merupakan sesuatu yang sangat asing bagi Aceh dan sulit  dipercaya bahwa hal semacam itu dapat terjadi di Bumi Serambi Mekkah secara alamiah.

"Jadi kita berharap jangan sampai masyarakat hilang kesabaran atas adanya ketidaknyamanan ini dan akhirnya memilih melakukan penghakiman secara sepihak dan sebelum itu terjadi, mari kita berusaha untuk memperbaiki keadaan dan menyelamatkan anak-anak kita, generasi muda kita, dan Aceh dari jurang kehancuran," tutup Zahrol.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Aksi Kriminalitas DSI Aceh Imbau Masyarakat Lakukan Pageu Gampong

Terkini

Adsense