Iklan

Hanya Bantu Instansi, PT. MEDCO Diminta Ikut Memberi Kontribusi Kepada Masyarakat

REDAKSI
4/01/20, 09:00 WIB Last Updated 2020-04-03T18:18:48Z
Darwin Putra Indra Makmu
NOA l Banda Aceh - PT Medco dimasa pandemi Covid-19 ini dinilai hanya memperhatikan sejumlah instansi saja, sedangkan masyarakat sekitar tambang sama sekali belum mendapatkan perhatian.

Hal itu disebutkan salah seorang Tokoh Pemerhati Sosial, Darwin Putra Indra Makmu kepada awak media ini, Rabu (1/4/2020).

"Sampai saat ini PT.Medco belum menyentuh program sosial kepada masyarakat kalangan bawah, bahkan terkesan perusahaan tersebut lebih mementingkan bantuan sosialnya kepada pejabat," kata Darwin.

Disebutkannya, saat ini masyarakat lingkar tambang ada yang sudah kelaparan akibat tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya pada saat sebelum wabah Covid-19 melanda.

"Masyarakat sekitar berpikir, dengan keberadaan perusahaan seperti PT.Medco  dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, akan tetapi mimpi tersebut jauh dari kenyataan bahkan ketika saat seperti ini perusahaan tersebut belum juga memberikan perhatian kepada masyarakat sehingga membuat kami sangat  kecewa," tegas Darwin.

Sebagai putra daerah kelahiran Bandar Baro Kecamatan Indra Makmu tersebut, dirinya menilai PT. Medco lebih mementingkan bantuanya kepada pejabat ketimbang kepada masyarakat lingkar tambang.

"Hal ini bisa kita lihat beberapa waktu lalu PT. Medco memberikan bantuan untuk RSUZA, Polda Aceh, BPBA, Kodam, Satpol PP Dinsos dan Posko Setda Aceh, sedangkan untuk warga sekitar belum ada," jelas Darwin.
 
Lebih tegas, PT. Medco itu dinilai tidak peduli dengan nasib masyarakat lingkar tambang. "Yang mereka fikir gimana menjalin hubungan dengan pejabat agar mereka lebih leluasa mengeruk hasil bumi kami," sebut Darwin.

Pada kesempatan itu, Darwin menyebutkan, dalam hal bantuan sosial ataupun bantuan lainnya untuk masyarakat di lingkar tambang PT. Medco bersama Pemda seolah-olah tutup mata.

"Padahal banyak masyarakat yang ekonomi menengah sangat tersiksa dengan keadaan ini belum lagi masalah penyaluran CSR yg tidak jelas di tambah lagi masalah Corona yang saat ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat untuk mencari nafkah," papar Darwin.
 
Terakhir, Darwin juga berharap ada keseriusan yang benar-benar dilakukan oleh PT. Medco maupun BPMA sebagai penyambung tangan pemerintah agar masalah masyarakat benar-benar selesai.
 
"Sudah cukuplah main-mata dan kucing-kucingannya, sudah waktunya PT. Medco dan BPMA memikirkan nasib masyarakat, saya berharap para pihak terkait bisa segera menyelesaikan," tuntas Darwin.(RED).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hanya Bantu Instansi, PT. MEDCO Diminta Ikut Memberi Kontribusi Kepada Masyarakat

Terkini

Adsense