Iklan

Pembangunan Infrastruktur di Papua Jadi Prioritas Pemerintah Pusat

REDAKSI
6/15/20, 16:22 WIB Last Updated 2020-06-15T09:27:20Z
Pembangunan jalan di Papua

Oleh : M.Wira Putra (WP) Alumni Abulyatama Banda Aceh

PROVINSI Papua menjadi salah satu provinsi diujung paling timur Indonesia yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan infrastruktur daerah Papua.

Pemerintah pusat akan mendorong pengembangan kawasan ekonomi strategis, pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan, pengentasan beberapa kabupaten tertinggal di Provinsi Papua dan kawasan perbatasan Indonesia - Australia serta penataan ruang yang sesuai potensi ekonomi lokal.

Masyarakat Papua harus mendukung segala upaya pemerintah pusat dalam menggenjot pembangunan di Papua dan masyarakat harus bersinergi dengan pusat dengan program prioritas. Harapan semua masyarakat adalah sama-sama mendukung semua infrastruktur yang dikerjakan pemerintah pusat agar terwujud di Tanah Papua yang kita cintai ini.

Dalam periode 2015-2019 hingga saat ini, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program prioritas Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan.

Selain itu sejumlah proyek infrastruktur telah dirasakan dampaknya, salah satunya turut berkontribusi pada peningkatan daya saing Indonesia dengan negara lain. Oleh karenanya untuk infrastruktur yang pembiayaannya dapat melibatkan masyarakat seperti jalan tol, maka pembangunannya melalui investasi badan usaha.

Dengan anggaran infrastruktur yang ada dioptimalkan bagi pembangunan di kawasan perbatasan, daerah terpencil maupun infrastruktur kerakyatan seperti air minum, sanitasi, jembatan gantung, rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah semakin diperluas cakupan layanannya.

Infrastruktur yang telah dibangun tersebut dapat memberikan manfaat maksimal bagi peningkatan ekonomi masyarakat Papua.

Dengan adanya peningkatan konektivitas melalui pembangunan infrastruktur secara massif, baik di darat, laut dan udara, akan meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing ekonomi nasional sekaligus pemerataan pembangunan dan infrastruktur dengan kawasan-kawasan tersebut sehingga Indonesia bisa maju di kemudian hari.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembangunan Infrastruktur di Papua Jadi Prioritas Pemerintah Pusat

Terkini