Iklan

Rapid Test Di Pidie Belum Sesuai Intruksi Gubernur

REDAKSI
6/15/20, 15:32 WIB Last Updated 2021-03-19T13:47:31Z
Petugas Medis dan Cleaning Service dari  Puskesmas sedang di test rapid oleh petugas Dinkes,di Posko GTP2 C19 Pidie

NOA | Sigli - Pelaksanaan Rapid Test di Pidie, Provinsi Aceh, terlihat masih jauh dari Instruksi Gubernur Aceh No.10/INSTR/tertanggal 4 Juni 2020, dimana waktu pelaksanaan juga sasaran Rapid Test belumlah sesuai dengan instruksi tersebut.

Dari jadwal yang seharusnya, untuk Pidie mulai tanggal 3 sampai 10 Juni 2020, rapid test dilakukan kepada 1.500 masyarakat Pidie,  dengan sasaran perkantoran  200 orang, Dayah 500 orang, pedagang 300 orang, supermaket/mall 200 orang dan petugas kebersihan 300 orang, nyatanya baru dilaksanakan pada hari terakhir dari jadwal, 10 Juni 2020.

Dari penulusuran m-Noa.com, sejumlah petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pidie, enggan untuk mengikuti rapid test, ada yang menolak untuk di test rapid,ada juga yang tidak tahu adanya test rapid, dengan berbagai alasan mereka sampaikan ke media ini.

Demikian juga dengan sejumlah karyawan supermarket di Sigli, yang m-Noa.com temui, minggu (14/06/2020) mereka mengaku tidak tahu menahu dengan rencana test rapid yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 (GTP2 C19) Pidie, dalam hal ini Dinkes Pidie yang didampingi Dinkes Aceh.

Hal sama dengan pedagang dan Dayah yang juga sebagai sasaran test rapid, belum juga mendapat kabar dari GTP2 C19, seharusnya sebelum dimulai test rapid, terlebih dahulu di sosialisasikan kepada sasaran tadi, sehingga tidak "mengejutkan" sasaran yang akan ditest rapid, seperti yang dialami sejumlah petugas kebersihan.

Namun dilihat dari laporan pelaksanaan rapid test, belum sepertiga sasaran yang di test rapid, dan dilakukan tidak berdasarkan kelompok sasaran, juga tidak mengikuti daftar jadwal.

Seharusnya, test rapid dilakukan dengan sasaran, dan jadwal yang tepat, sehingga nantinya bisa dijadikan acuan dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Pidie, sesuai Intruksi Gubernur Aceh, sehingga bila ada kejadian yang luar biasa, mudah untuk menanganinya.(AA/RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rapid Test Di Pidie Belum Sesuai Intruksi Gubernur

Terkini