Iklan

Raih Juara, Syavina Maura Zahrani Bawa Pendidikan Aceh Bersinar

REDAKSI
10/14/20, 15:02 WIB Last Updated 2020-10-14T09:03:54Z

 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rahmat Fitri HD MPD

NOA | Banda Aceh - Syavina Maura Zahrani, Siswi SMA Negeri Modal Bangsa Aceh berhasil meraih Juara 1 Video Sicence Technology Engineering Mathematics (STEM) pada ajang bergengsi Lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Tingkat Nasional Tahun 2020.


Atas prestasinya dalam kegiatan yang dilaksanakan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI tersebut memperlihatkan Pendidikan Aceh kembali bersinar di tingkat Nasional. 


Kabar mengembirakan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rahmat Fitri HD MPD yang akrab disapa Haji Nanda didampingi Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, S.Sos, MM kepada awak media, Rabu (13/10/2020) di Banda Aceh.


“Alhamdulillah, saya sangat senang mendapat kabar ini. Ananda Syavina Maura Zahrani berhasil meraih prestasi yang membanggakan kita semua, yaitu Juara 1 Video STEM pada perlombaan Kuis Kihajar Tingkat Nasional Tahun 2020 jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA),” kata Haji Nanda.


Diakui Haji Nanda, untuk meraih hasil tersebut bukanlah hal yang mudah, betapa tidak untuk menjadi juara 1 nasional, Syavina harus mampu menyisihkan 17.213 siswa/siswi pada jenjangnya dari seluruh daerah di Indonesia. 


"Pada babak final Hijar STEM, Syavina mengusung karya Video STEM yang berjudul “Distilasi Nilam Aceh Sebagai Antivirus”. Dalam video itu, Syavina membahas tentang cara membuat medicated oil dari nilam Aceh yang dapat berfungsi sebagai zat antivirus penangkal Covid 19," jelas Haji Nanda.


Dalam kompetisi yang berlangsung secara paralel itu, lanjut Haji Nanda, Syavina telah mampu melewati berbagai tahapan pelaksanaan lomba diantaranya, Kihajar STEM Basic, Kihajar STEM Intermediate, Kihajar STEM Advance, Kihajar Video STEM. "Kihajar STEM Final yang merupakan tahapan akhir dari pelaksanaan Kihajar STEM Tahun 2020,” sebutnya.


Lebih lanjut, Rachmat Fitri menjelaskan peserta yang lolos ke babak final sebanyak 301 peserta pelajar dari seluruh jenjang pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri untuk memperebutkan juara di tahapan Final. "Peserta yang berasal dari 64.555 yang mendaftar pelaksanaan KIHAJAR STEM sejak 23 Juli 2020," katanya. 


Tahun 2020 ini, sebut mantan Wakil Bupati Aceh Barat ini, merupakan perdana Provinsi Aceh mendapat prestasi dalam event Kuis Kihajar STEM yang diadakan oleh Pusdatin Kemendikbud RI.


“Hal ini selaras dengan visi utama Dinas Pendidikan Aceh untuk meningkatkan mutu dan daya saing peserta didik di kancah Nasional sehingga akan tercapainya target program Aceh Carong sebagaimana visi dan misi Pemerintah Aceh,”ujar Haji Nanda.


Kihajar STEM, kata Rachmat Fitri, merupakan wadah eksplorasi siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sederajat, melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sicence, Technology, Enggineering dan Mathematics (STEM).


"Perlombaan Kihajar STEM ini, sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Haji Nanda.


Dalam ajang tersebut, kata Haji Nadan, siswa dan siswi dari Aceh sudah sering mendapat juara, dalam berbagai perlombaan di tingkat nasional. Termasuk perlombaan Kuis Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud setiap tahunnya.


"Tujuannya untuk membentuk generasai Indonesia yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, keratif, gotong royong dan kebhinekaan global. Jumlah peserta yang ikut lomba Kihajar STEM 2020 mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMA, dan SMK sederajat, se-Indonesia jumlah tahun ini mencapai 64.555 orang peserta," papar Haji Nanda.


Peserta dari Aceh, tambahnya yang ikut lomba dari jenjang sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sederajat. Jumlahnya tergolong banyak mencapai 3.590 orang, sekaligus menasbihkan daerah terbanyak keempat, setelah Yogyakarta, DKI, dan Sumut. 


"Hal itu mendapatkan apresiasi dari Kemdikbud dengan memberi penghargaan berupa pelaksanaan seminar Kihajar TIK Talks Nasional dipusatkan dari Aceh. Alhamdulillah, dari jumlah peserta yang ikut tersebut, ada satu orang yang meraih juara I untuk jenjang SMA, yaitu siswi kelas XII IPA SMA Modal Bangsa, Syavina Maura Zahrani, dan kita patut bersyukur,” tuntas Haji Nanda.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Raih Juara, Syavina Maura Zahrani Bawa Pendidikan Aceh Bersinar

Terkini

Adsense