Iklan

Mandul, Mahasiswa Minta HAMAS Dibubarkan

REDAKSI
3/20/21, 08:00 WIB Last Updated 2021-03-20T10:08:23Z

 

Ketua Ikatan Mahasiswa Kluet Selatan (IMPAKS), Balma Amaldi


NOA l Banda Aceh - Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) Periode 2020-2021 sudah hampir dipenghujung periodesasi, namun masih banyak program kerja internal yang tidak terlihat berjalan.



Selain itu, gebrakan-gebrakan briiwn idealnya sebuah lembaga mahasiswa seakan hanyalah seakan dongeng pengantar mimpi.



"Jangankan melakukan aksi protes kebijakan atau memberi masukan demi perbaikan Aceh Selatan untuk menjalankan fungsi kontrol sosial Hamas, bahkan program kerja internal pun jelas terlihat tak berjalan, kondisi ini memprihatinkan," kata Ketua Ikatan Mahasiswa Kluet Selatan (IMPAKS), Balma Amaldi, Sabtu (20/3/2021).



Lebih tegas, Balma menilai mandul terkait program kerja organisasi mahasiswa tersebut sehingga fungsi pendidikan dan silaturrahmi antar mahasiswa terabaikan begitu saja. 



"Belum lagi, Hamas saat ini sangatlah lemah syahwat dalam menjalankan fungsi control sosial merupakan satu dari 3 pilar fungsi keberadaan HAMAS itu sendiri," Balma.



Mirisnya lagi, kata Balma, kepengurusan HAMAS terakan hanya dijadikan ajang mendapat undangan untuk menghadiri acara seremonial belaka. 



"Sangatlah patut jika mahasiswa menilai kepemimpinan HAMAS kali ini tak lebih dari kepemimpinan yang hobinya hanya memenuhi undangan tanpa adanya visi untuk sebuah kemajuan dan perubahan," kata Balma.



Balma mencontohkan, dikala berbagai persoalan terjadi di Aceh Selatan, HAMAS terkesan bungkam seribu bahasa sehingga mengesampingkan nilai-nilai kritis yang mestinya dipertahankan oleh lembaga mahasiswa. 



"Kami yakin dan percaya Bupati Aceh Selatan sosok yang terbuka dan berulang kali menyampaikan akan menerima kritikan demi kebaikan Aceh Selatan," tegas Balma.



Namun, lanjutnya, dikala kesempatan itu ada HAMAS justru semakin menunjukkan kemandulannya. 



"Apakah HAMAS takut kehilangan alokasi anggaran Pemkab atau takut ada kemungkinan Bupati memerintahkan para buzzer untuk membulli, kami yakin tidak demikian," kata Balma.



Balma menegaskan bahwa ketika HAMAS semakin tumpul menjalankan fungsinya baik itu dalam hal silaturrahmi maupun menjalankan fungsi kritis, lebih baik HAMAS dibubarkan saja. 



"Jika HAMAS hanya menjadi media untuk mendapatkan undangan dan berfoto selfie, maka lebih baik dibubarkan saja dan mandat dikembalikan ke paguyuban kecamatan," tegas Balma.



Sejauh ini, kata Balma, dikala HAMAS tak mampu mewadahi kreativitas mahasiswa Aceh Selatan maka membubarkan organisasi ini mungkin adalah langkah ideal yang dapat dilakukan. 



"Memang mengusir tikus, tak mesti membakar lumbungnya. Namun kondisinya tikus sudah terlalu menguasai lumbung. Jadi mungkin tak ada cara kecuali dibubarkan saja," pungkas Balma.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mandul, Mahasiswa Minta HAMAS Dibubarkan

Terkini

Adsense