Adsense

Iklan

Tim DTPK Aceh Layani Kesehatan Warga Pulau Banyak, Warga Antusias Datang Berobat

REDAKSI
7/21/22, 01:32 WIB Last Updated 2022-07-20T18:32:13Z
Aceh Singkil - Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak, Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DPTK) Dinkes Aceh Minggu ini berada di pulau Banyak untuk melayani kesehatan warga digugus kepulauan itu. Tim ini berangkat dari Banda Aceh pada Minggu (17/07) dan akan berada di gugusan pulau ini sampai dengan Kamis mendatang (21/07).

Pantauan media ini yang terjun langsung ke lokasi, warga Pulau Banyak ini tampak sangat antusias memanfaatkan kesempatan untuk berobat yang diberikan oleh Tim DPTK Dinkes Aceh ini. Lokasi kegiatan dipusatkan di pulau Balai dan Teluk Nibung.

Pada hari Selasa hari ini (19/07), Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak DTPK Dinkes Aceh ini menggelar pengobatan massal bagi warga yang dipusatkan di gedung Puskesmas, Pulau Banyak.

Sedangkan pada hari Rabu besok (20/07), tim akan menyeberang dengan perahu dan menggelar kegiatan serupa di Teluk Nibung, yang masih berada di Kecamatan Pulau Banyak.

Koordinator lapangan, tim DTPK Dinkes Aceh, dr. Rais Husni Mubarrak menjelaskan bahwa pada kegiatan DTPK ini, Dinkes Aceh bertindak sebagai koordinator program DTPK dan kegiatan DTPK ini sudah menjadikan program rutin setiap tahun yang melibatkan Dokter spesialis dari RSUDZA,PERSI Aceh, RSUD Singkil dan Perhimpunan spesialis Terkait.

"Dari Banda Aceh, tim DTPK Dinkes Aceh ikut membawa dokter spesialis TH & KL, dokter spesialis gigi dan mulut, dokter spesialis anak, dokter spesialis bedah anak, dokter spesialis kebidanan & kandungan atau yang lebih dikenal dengan dokter obgyn. Selain itu, juga ada spesialis penyakit dalam, spesialis ortopedi, dan sejumlah dokter umum", sebut dr. Rais.

Selain memberikan tindakan pengobatan langsung bagi warga yang datang berobat, tim ini juga ikut melakukan penyuluhan kesehatan bagi warga disana.

Tak ketinggalan juga, tim farmasi yang selalu sigap menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan warga yang datang berobat. Apoteker sigap beri informasi obat kepada Pasien, sehingga pasien paham akan penggunaan Obat yang diberikan kepada mereka.

Dilokasi pengobatan massal, tim juga membagikan paket personal hygiene bagi warga yang datang berobat.

"Paket ini terdiri dari, handuk, kain sarung, sabun mandi, odol dan sikat gigi. Tim DTPK Dinkes Aceh ini juga membagikan susu bagi ibu hamil dan ibu menyusui di lokasi kegiatan", tambah Rais lagi.

Program ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan spesialistik kepada masyarakat di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan yang ada di Aceh, tutup Rais.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim DTPK Aceh Layani Kesehatan Warga Pulau Banyak, Warga Antusias Datang Berobat

Terkini

Adsense